Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Gunung Ini Cocok untuk Pendaki Pemula

Apakah kamu seorang pendaki pemula yang ingin menikmati keindahan gunung-gunung yang ada di Indonesia? Bila iya, sebelum mulai mendaki alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu teknis pendakian yang benar dan melakukan persiapan fisik.

Sebab, kegiatan mendaki gunung bukanlah hal mudah yang bisa kamu lalui begitu saja. Medan berat dan cuaca ekstrem kerap menjadi penghalang ketika sedang melakukan kegiatan alam ini. Maka dari itu, melakukan kedua hal tadi menjadi amat penting agar kamu bisa melewati semua halangan yang mungkin muncul selama pendakian.

Tak hanya itu, kamu juga disarankan untuk memilih gunung yang tepat untuk pendaki pemula agar bisa beradaptasi lebih dulu dengan kondisi alam maupun fisik saat mendaki. Nah, berikut beberapa gunung yang bisa menjadi pilihan.


1. Gunung Nglanggeran

Gunung pertama yang pas buat pendaki pemula adalah Gunung Nglanggeran. Gunung yang berlokasi di Desa Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta, ini merupakan gunung api purba yang terbentuk dari batuan karst. Meski masuk dalam tipe gunung api, namun Gunung Nglanggeran sudah lama tidak aktif dan tetap aman untuk didaki. Sahabatpoker

Gunung Nglanggeran ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, yaitu 700 mdpl. Selain itu, jalur pendakian di gunung ini juga tidak terlalu sulit, lho, sehingga cocok banget untuk kamu yang baru pertama kali mendaki gunung. Meski begitu, kamu tetap harus mempersiapkan kondisi fisik yang prima sebelum mendaki gunung ini, ya.

2. Gunung Batu Jonggol



Selanjutnya ada Gunung Batu Jonggol, Gunung ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru pertama melakukan pendakian. Gunung yang berada di Jonggol, Bogor, Jawa, Barat, ini hanya memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl. Selain itu, jalur pendakian yang mudah membuat Gunung Batu Jonggol menjadi destinasi para pendaki, khususnya pendaki pemula.

3. Gunung Penanggungan



Bagi kamu pendaki pemula, Gunung Penanggungan juga cocok untuk kamu jajal. Terletak di antara dua kabupaten di Jawa Timur, yaitu Mojokerto (sisi barat) dan Pasuruan (sisi timur), Gunung Penanggungan punya ketinggian 1.653 mdpl. Meski tidak terlalu tinggi, namun Gunung Penanggungan tetap menghadirkan sensasi mendaki yang menantang dan melelahkan. Sahabatpoker

4. Gunung Batur



Gunung selanjutnya yang ramah untuk para pemula adalah Gunung Batur. Terletak di daerah Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, ini terkenal dengan jalur pendakiannya yang mudah. Tidak heran, kalau gunung ini menjadi destinasi favorit buat para pemula.

Dengan ketinggian hanya 1.717 mdpl, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mencapai puncaknya. Untuk soal pemandangan nggak usah diragukan lagi, soalnya Gunung Batur memiliki kaldera indah. Dan, menjadi salah satu kaldera terindah yang ada di dunia, di mana Danau Batur sebagai pusatnya.

5. Gunung Andong



Gunung terakhir yang cocok untuk pemula adalah Gunung Andong. Lokasinya berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan memiliki ketinggian sekitar 1.726 mdpl. Dengan ketinggian tersebut, membuat para pendaki pemula bisa mencapai puncaknya dengan waktu singkat, yakni 1,5 – 2 jam saja. Sahabatpoker

Sama seperti gunung sebelumnya, Gunung Andong juga memiliki jalur pendakian yang ramah sehingga memudahkan para pemula untuk mendakinya.

Itu dia lima gunung yang cocok didaki oleh para pemula. Jadi, kamu tertarik untuk mendaki gunung yang mana?

Post a Comment for "5 Gunung Ini Cocok untuk Pendaki Pemula"